Home / Pemerintah

Senin, 13 Mei 2019 - 08:59 WIB

Bupati Safrial Terima Sertifikat Eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan RI

Denpasar.GenJambi.Com – Bupati Tanjab Barat terima sertifikat eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Perhargaan itu diterima Bupati Tanjung jabung Barat DR Ir H Safrial Ms didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj Cici Halimah, SE dan Kadis Kesehatan Tanjab Barat Hj Andi Pada menghadiri acara Peringatan Hari malaria sedunia, Senin (13/5/2019).

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Balai Desa Budaya Kertalangu, Kota Denpasar Bali mengangkat tema ‘Bebas Malaria prestasi bangsa (Zero malaria starts with Me)’.

Pada kesempatan ini, Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial menerima sertifikat eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof Dr dr Nila Faried Moeloek dan melakukan penandatanganan komitmen Bupati Tanjab Barat untuk pemeliharaan daerah Eliminasi malari Mendagri Cahyo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan bahwa terdapat 11 Kabupaten Kota telah menerima sertifikat bebas malaria. 

READ NEW  Defisit Dari Anggaran Pusat dan Penanganan Covid 19, Jadi PR Pemkab Tanjabbar

“Kami berharap Gubernur selalu koordinasi ke kabupaten tentang komitmen eliminasi malaria ini,” tegasnya.

Sementara itu Menteri kesehatan Prof Drdr. Nila Farid Moeloek, Sp, M (K) menyampaikan, kita perlu memperhatikan lingkungan sekitar, dengan prilaku bersih dan rapi. Disebutkannya dalam hal ini peran ibu PKK sangat dibutuhkan. 

READ NEW  PKS Tanjab Barat Gelar Aksi Turun Kejalan Tolak Kenaikan BBM

Dikatakannya, semuanya lini harus komitmen dengan bebas malaria ini, sehingga Indonesia terbebas dan bersih dari malaria yang akan dicapai pada tahun 2030 nantinya Saat forum tersebut, Bupati Tanjung Jabung Barat menyampaikan komitmen untuk pemeliharaan daerah eliminasi malaria.

Salah satu upayanya itu akan melakukan MOU dengan OPD terkait di Kabupaten Tanjung Jabung Barat seperti dinas perikanan, perkebunan, dinas kesehatan serta dinas opd terkait lainnya tentang jenis ikan yang bisa hidup di daerah rawa “Kita akan pelihara ikan untuk makan jentik nyamuk ini, sejenis ikan cupang itulah,” kata Bupati 

READ NEW  Kegiatan Upacara Bendera Ditanjabbar Dibatasi

Safrial juga memaparkan tentang pencegahan dini nyamuk malaria di kabupatennya antaranya membentuk pos malaria Desa.

“Ini baru percobaaan, nantinya peran dari OPD terkait, Camat, Kepala Desa, dan Ibu Penggerak PKK nantinya sangat dibutuhkan untuk mensukseskan eliminasi malaria, sehingga Tanjung Jabung Barat bersih dari wabah malaria,” katanya. (Tim Redaksi)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kodim 0419/Tanjab Memberikan 150 Paket Sembako Untuk Duafa

Pemerintah

Besok, Akan Digelar Seminar Ibu Cerdas Era Milenial

Daerah

Angkutan Penumpang diPelabuhan Roro Tutup Pertanggal 1 April Mendatang

Daerah

Tokoh Muda ini Desak Pembangunan Jalan Kecamatan Pengabuan – Seyerang

Daerah

Audiensi Bersama Bupati, KORMI Tanjab Barat Sampaikan Agenda Pelantikan

Pemerintah

Wabup Amir Sakib Buka Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat Tahun 2019

Pemerintah

Yon Heri Resmi Jadi Pelaksana Harian Sekda Tanjung Jabung Barat.

Daerah

Terbukti Menimbun Bahan Pokok, Syafriwan: Siap-Siap Dipidana