Home / Pemerintah

Senin, 13 Mei 2019 - 08:59 WIB

Bupati Safrial Terima Sertifikat Eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan RI

Denpasar.GenJambi.Com – Bupati Tanjab Barat terima sertifikat eliminasi Malaria dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Perhargaan itu diterima Bupati Tanjung jabung Barat DR Ir H Safrial Ms didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj Cici Halimah, SE dan Kadis Kesehatan Tanjab Barat Hj Andi Pada menghadiri acara Peringatan Hari malaria sedunia, Senin (13/5/2019).

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Balai Desa Budaya Kertalangu, Kota Denpasar Bali mengangkat tema ‘Bebas Malaria prestasi bangsa (Zero malaria starts with Me)’.

Pada kesempatan ini, Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial menerima sertifikat eliminasi malaria dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof Dr dr Nila Faried Moeloek dan melakukan penandatanganan komitmen Bupati Tanjab Barat untuk pemeliharaan daerah Eliminasi malari Mendagri Cahyo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan bahwa terdapat 11 Kabupaten Kota telah menerima sertifikat bebas malaria. 

READ NEW  Safari Jumat, Bupati Tanjab Barat Sampaikan Program Berkah

“Kami berharap Gubernur selalu koordinasi ke kabupaten tentang komitmen eliminasi malaria ini,” tegasnya.

Sementara itu Menteri kesehatan Prof Drdr. Nila Farid Moeloek, Sp, M (K) menyampaikan, kita perlu memperhatikan lingkungan sekitar, dengan prilaku bersih dan rapi. Disebutkannya dalam hal ini peran ibu PKK sangat dibutuhkan. 

READ NEW  Darurat Covid 19, Kelulusan dan Kenaikan Siswa Siswi Tergantung Kebijakan Sekolah.

Dikatakannya, semuanya lini harus komitmen dengan bebas malaria ini, sehingga Indonesia terbebas dan bersih dari malaria yang akan dicapai pada tahun 2030 nantinya Saat forum tersebut, Bupati Tanjung Jabung Barat menyampaikan komitmen untuk pemeliharaan daerah eliminasi malaria.

Salah satu upayanya itu akan melakukan MOU dengan OPD terkait di Kabupaten Tanjung Jabung Barat seperti dinas perikanan, perkebunan, dinas kesehatan serta dinas opd terkait lainnya tentang jenis ikan yang bisa hidup di daerah rawa “Kita akan pelihara ikan untuk makan jentik nyamuk ini, sejenis ikan cupang itulah,” kata Bupati 

READ NEW  Daftar Pilkades, Kades Incumbent Harus Kantongi Surat Rekomendasi dari Inspektorat

Safrial juga memaparkan tentang pencegahan dini nyamuk malaria di kabupatennya antaranya membentuk pos malaria Desa.

“Ini baru percobaaan, nantinya peran dari OPD terkait, Camat, Kepala Desa, dan Ibu Penggerak PKK nantinya sangat dibutuhkan untuk mensukseskan eliminasi malaria, sehingga Tanjung Jabung Barat bersih dari wabah malaria,” katanya. (Tim Redaksi)

Share :

Baca Juga

Daerah

Urgensi Komisi Pelayanan Publik Di Tanjung Jabung Barat

Daerah

Safari Jumat, Bupati Tanjab Barat Sampaikan Program Berkah

Pemerintah

Peringati Hari Santri, Safrial : Pondok Pesantren Adalah Laboratorium Perdamaian

Pemerintah

Wabup Amir Sakib Hadiri Apkasi Otonomi Expo 2019 di Jakarta

Daerah

Sekda Tanjab Barat Rencanakan Alih Fungsi Perkantoran Yang Kosong

Daerah

DPRD Tanjabbar Sepakat Penundaan Gedung Banggar

Pemerintah

Kesbangpol Tanjabbar Menggelar Bimtek Penyaluran Bantuan Keuangan Parpol

Daerah

Keberangkatan CJH Tanjabbar Masih Menunggu Keputusan Mentri