Home / Daerah

Jumat, 17 September 2021 - 11:26 WIB

Webinar Literasi Digital, Kepala Bappeda dan Wakil Pimpinan BNI Beri Pencerahan tentang Tantangan Proses Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia

Tanjabbar.Genjambi.ID – Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kab. Tanjung Jabung Barat seri 15 bergulir Kamis, 16 September 2021 jam 14.00 WIB, bertajuk Tantangan Proses Transformasi Digital Bagi Kemajuan Perekonomian Indonesia

Kegiatan massif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pada webinar yang menyasar target segmen generasi milenial, mahasiswa, orangtua, dan tenaga pendidik ini hadir dan memberikan materinya secara virtual, para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yakni Dr. Muhtadi, M.Si (Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Rachmat Aditiya (CEO di Arkana Solusi Digital), Ir. H.Firdaus Khatab, MM (Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Tanjab Barat), Bambang Suyanto, SE., MM. (Wakil Pemimpin Bank BNI Cabang Kuala tungkal). Dini Valdiani, dosen yang juga Pengusaha @kasihbahhairtonic bertindak sebagai Key Opinion Leader (KOL) dan memberikan pengalamannya.

READ NEW  Kasus Begal Payudara Tak Kunjung Terungkap, KNPI Tanjabbar Pertanyakan Kinerja Polisi

Hadir pula memberikan sambutannya secara daring, Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag beliau mengatakan Pertumbuhan penduduk dan perkembangan data digital secara bersamaan mengindikasi bahwa penduduk indonesia telah bergeser ke arah urban digital. Tantangan di ruang digital semakin besar. Konten-konten negatif terus bermunculan dan kejahatan di ruang digital terus meningkat.

Untuk itu, menurut Bupati Anwar Sadar kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik dan menyejukkan. Program nasional literasi digital yang telah diluncurkan Bapak Presiden RI merupakan solusi yang tepat untuk diterapkan secara masif oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Pada Sesi pertama, Dr. Muhtadi, M.Si menjelaskan tentang Etika dan Nilai dalam Ruang Digital. Menurutnya nilai-nilai pancasila harus dibawa ke ranah digital. Dalam bentuk berakhlak mulia, jujur, baik, dan sopan saat berinteraksi. Perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan oleh orang lain, dengan penuh respect, toleransi, dan empati, serta tidak provokatif dan menyebarkan hoaks

READ NEW  Webinar Literasi Digital Kabupaten Tanjung Jabung Barat Beri Pencerahan tentang Strategi Pemerintah Memantau Ruang Diskusi Publik di Dunia Digital

Giliran pembicara kedua, Rachmat Aditiya memaparkan materi mengenai Keamanan Digital. Dijelaskannya upaya yang dilakukan untuk mengamankan data diantaranya, pentingnya sistem operasi yang asli dan aplikasi yang terjamin keamanannya, penggunaan aplikasi pihak ketiga yang aman, berhati-hati ketika membuka alamat web tertentu, berhati-hati dalam membuka email spam jika memang diperlukan, simpan data  di cloud provider yang sudah terjamin kerahasiaan dan keamanannya, selalu perhatikan alamat web yang dibuka dan beware of public Wi-Fi, ceklist untuk menghindari spoofing (pemalsuan) dns dari public internet.

Tampil sebagai pembicara ketiga Ir. H.Firdaus Khatab, MM menyampaikan mengenai Dampak Transformasi Digital terhadap Ekonomi di Indonesia. Disampaikannya perkembangan ekonomi digital di Indonesia menyasar 4 sektor industri, yaitu sektor pertanian, finansial, agrologistik dan kebudayaan pariwisata & ekonomi kreatif. Menurut Kepala Bappeda tantangan yang dihadapi di era transformasi digital cukup besar. Untuk itu pemerintah pemerintah harus hadir dengan mengoptimalkan ekonomi digital, mewujudkan inovasi-inovasi baru dan menyiapkan sarana dan prasarana digital.

Pembicara keempat Bambang Suyanto, SE., MM memaparkan tentang Transformasi Digitalisasi Perbankan dalam Mendukung Perekonomian. Dipaparkannya dukungan perbankan dalam pembangunan perekonomian di era transformasi digital adalah lewat Digitalisasi Perbankan. Misalnya lewat digitalisasi pengiriman uang dari luar negeri, digitalisasi kartu tani dan berbagai trend digital banking lainnya.

READ NEW  Perceraian Di Tanjab Barat Meningkat Selama 2021

Dini Valdiani sebagai key opinion leader dalam webinar kali ini, menceritakan sedikit kegiatannya bisnisnya di media sosial. Sosial media telah dia gunakan semenjak mulai berjualan bahkan semenjak dirinya mulai menggunakan media friendster. Media sosial yang paling utama digunakan untuk berjualan karena jumlah follower (pengikut) yang cukup banyak. Pengaruh media sosial sangat besar terhadap peningkatan jumlah penjualan produk, termasuk dari endorse (sponsor).

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyaknya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. 10 penanya beruntung mendapatkan e-money masing-masing Rp. 100.000,-.

Webinar ini merupakan yang ke-15 dari rangkaian 20 kali webinar yang diselenggarakan di kabupaten Tanjung Jabung Barat. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang.

(wis)

Share :

Baca Juga

Daerah

Sempat Dinyatakan Hilang, Nur Asiah Ditemukan Dengan Kondisi Lemah

Daerah

Pesisir Pantai Muara Sungai Pengabuan Menjadi Budidaya 4 Ton Kerang Dara.

Daerah

Tokoh Muda ini Desak Pembangunan Jalan Kecamatan Pengabuan – Seyerang

Daerah

Jelang Lebaran Pemkab Tanjab Barat dan Paguyuban Sinar Mas Jambi Salurkan Minyak Goreng Murah

Daerah

Aliansi Perempuan Berdaya Tanjab Barat Gelar Diskusi Terkait Begal Payudara

Daerah

Tiga Anak Dibawah Umur Meninggal Dunia Karena DBD

Daerah

Akan Mengambil Dosis Vaksin, Mobil Dinas Kesehatan Tanjab Barat Terguling

Daerah

Polres Tanjabbar Tetapkan Satu Tersangka Pembakaran Lahan