Home / Daerah

Rabu, 28 Agustus 2019 - 04:49 WIB

Safrial : Aktifkan Kembali Posko Terpadu Siaga Karhutla

Tanjabbar.Genjambi.Com – Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Dr. Ir. H. Safrial MS hadir sekaligus membuka secara resmi Rapat Penanggulangan Bencana Daerah kebakaran hutan dan lahan Kabupaten Tanjung jabung Barat yang digelar di Balai Pertemuan Kantor Bupati. Rabu (28/08/2019)

Sesuai laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana selaku Ketua Pelaksana, rapat koordinasi ini diikuti oleh Instansi terkait, Camat dan Kepala Desa/Kelurahan yang masuk dalam Daerah rawan Karhutla, serta para pelaku dunia usaha. Sebagai Nara sumber, BMKG Provinsi Jambi, BPBD Provinsi Jambi, dan Dansatgas Penanggulangan Karhutla Tanjung Jabung Barat.

READ NEW  Uji Coba Terakhir, Tanjab Barat Matangkan Strategi Dan Fisik

Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr Ir H Safrial dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan data BMKG Provinsi Jambi, sampai bulan Agustus terdata sebanyak 68 kali muncul titik panas dan 40 kali terjadi kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah Tanjung Jabung Barat.

“Meskipun sudah turun hujan, namun sifatnya masih lokal atau belum merata, kita harus tetap siaga, karena menurut perkiraan BMKG bulan Oktober baru hujan normal” ujar Bupati.

READ NEW  Kemenag Tanjabbar Tunggu Intruksi Pusat Terkait Pelaksanaan Ibadah Ramadhan

Terkait hal itu, safrial memperintahkan kepada seluruh jajaran pemerintahan yang terkait dengan penanganan Karhutla untuk memberikan pemahaman kepada pelaku kegiatan pengolahan lahan untuk waspada karhutla, serta melakukan pengawasan terpadu.

Selain itu safrial juga memperintahkan untuk mengaktifkan kembali posko terpadu kabupaten siaga karhutla di wilayah Tanjung Jabung Barat.

“Semua itu perlu dilakukan dalam rangka meminimalisir hotspot dan bencana Karhutla, baik dari segi jumlah maupun dari segi luas lahan yang terbakar” jelas Bupati.

READ NEW  Audiensi Bersama Mentri ESDM RI, Ini Yang Di Sampaikan Anwar Sadat

Bupati menilai pembuatan kanal-kanal air di Desa atau lokasi yang rawan terjadi Karhutla akan sangat membantu dalam proses pencegahan serta penanganan kebakaran hutan dan lahan.

“Untuk para Camat, coba kasih tahu kepada kepala desanya, dalam APB Desa anggarkan pembuatan kanal” pungkasnya

Turut hadir mengikuti rapat koordinasi penanggulangan bencana Karhutla, Ketua DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Dinas Terkait, Camat dan Kades rawan kebakaran hutan dan lahan.

Share :

Baca Juga

Daerah

Anggota DPRD Tanjabbar Sebut BUMD Minim Gagasan

Daerah

Aksi Pencurian di Muara Papalik Terekam CCTV

Daerah

Webinar Literasi Digital Kabupaten Tanjung Jabung Barat Beri Pencerahan tentang Sosialisasi e-Market Bagi Pelaku UMKM

Daerah

400 Vaksin PMK Diterima Pemkab Tanjab Barat

Daerah

Komisi III DPRD Tanjab Barat Panggil Sejumlah Pihak Terkait Jembatan Parit Gompong

Daerah

Status Penangganan Covid 19 di Tanjabbar Naik Menjadi Tanggap Darurat

Daerah

Kapolres Intruksikan Larangan Pejabat Dan Personil Polres Ke Luar Kota

Daerah

BKSDA Jambi Evakuasi Buaya Hasil Tangkapan Warga Desa Jatiemas