Home / Daerah

Rabu, 28 Agustus 2019 - 04:49 WIB

Safrial : Aktifkan Kembali Posko Terpadu Siaga Karhutla

Tanjabbar.Genjambi.Com – Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Dr. Ir. H. Safrial MS hadir sekaligus membuka secara resmi Rapat Penanggulangan Bencana Daerah kebakaran hutan dan lahan Kabupaten Tanjung jabung Barat yang digelar di Balai Pertemuan Kantor Bupati. Rabu (28/08/2019)

Sesuai laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana selaku Ketua Pelaksana, rapat koordinasi ini diikuti oleh Instansi terkait, Camat dan Kepala Desa/Kelurahan yang masuk dalam Daerah rawan Karhutla, serta para pelaku dunia usaha. Sebagai Nara sumber, BMKG Provinsi Jambi, BPBD Provinsi Jambi, dan Dansatgas Penanggulangan Karhutla Tanjung Jabung Barat.

READ NEW  Reses di Kuala Indah, Ketua DPRD ingatkan Penurunan Angka Stunting

Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr Ir H Safrial dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan data BMKG Provinsi Jambi, sampai bulan Agustus terdata sebanyak 68 kali muncul titik panas dan 40 kali terjadi kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah Tanjung Jabung Barat.

“Meskipun sudah turun hujan, namun sifatnya masih lokal atau belum merata, kita harus tetap siaga, karena menurut perkiraan BMKG bulan Oktober baru hujan normal” ujar Bupati.

READ NEW  Ruang Isolasi RSUD Daud Arif Belum Siap Digunakan Pasien Covid-19

Terkait hal itu, safrial memperintahkan kepada seluruh jajaran pemerintahan yang terkait dengan penanganan Karhutla untuk memberikan pemahaman kepada pelaku kegiatan pengolahan lahan untuk waspada karhutla, serta melakukan pengawasan terpadu.

Selain itu safrial juga memperintahkan untuk mengaktifkan kembali posko terpadu kabupaten siaga karhutla di wilayah Tanjung Jabung Barat.

“Semua itu perlu dilakukan dalam rangka meminimalisir hotspot dan bencana Karhutla, baik dari segi jumlah maupun dari segi luas lahan yang terbakar” jelas Bupati.

READ NEW  Warga Kuala Tungkal Temukan Hewan Tapir di Perkebunan, Ini Kata BKSDA Jambi

Bupati menilai pembuatan kanal-kanal air di Desa atau lokasi yang rawan terjadi Karhutla akan sangat membantu dalam proses pencegahan serta penanganan kebakaran hutan dan lahan.

“Untuk para Camat, coba kasih tahu kepada kepala desanya, dalam APB Desa anggarkan pembuatan kanal” pungkasnya

Turut hadir mengikuti rapat koordinasi penanggulangan bencana Karhutla, Ketua DPRD, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Dinas Terkait, Camat dan Kades rawan kebakaran hutan dan lahan.

Share :

Baca Juga

Daerah

PGRI Tanjab Barat Audiensi dengan Ketua DPRD Terkait Usulan Kenaikan TPP

Daerah

Bupati Anwar Sadat Warning ASN Yang Nongkrong Diluar Saat Jam Kerja

Daerah

Peringati Tahun Baru Islam 1444 H, Kabag Prokopim : Mari Kita Meriahkan Tabligh Akbar Nanti Malam

Daerah

Terkait Tapal Batas, Pimpinan DPRD Tanjab Barat Temui Kemendagri

Daerah

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Tungkal Harapan

Daerah

Pasca Lebaran, Wabup Tanjab Barat Lakukan Pengecekan Absensi Pegawai

Daerah

Ketua DPRD Tanjab Barat Serap Aspirasi Masyarakat Desa Lubuk Terentang

Daerah

Korupsi Air Bersih di Tanjab Barat, Jaksa Penuntut Umum : Kerugian itu Hanya Sekitar 2,4 miliar