Home / Daerah

Kamis, 22 September 2022 - 09:49 WIB

Menuju Smart City, Pemkab Tanjab Barat dan Polres Pasang CCTV di Area Publik

 

Tanjabbar.Genjambi.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat memasang Closed-Circuit Television (CCTV) di beberapa titik area publik Kota Kuala Tungkal. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk menjadikan Tanjab Barat menuju salah satu kabupaten smart city di Indonesia.

Pemasangan CCTV merupakan inovasi dari Dinas Kominfo Tanjab Barat dalam memanfaatkan infrastruktur jaringan internet yang sudah ada dalam kegiatan di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Untuk tahap awal CCTV sudah dipasang di 3 titik area publik yaitu Simpang Pahlawan, Alun-Alun Kuala Tungkal dan Simpang Patunas.

READ NEW  Pasien Balita RSUD KH Daud Arif Dinyatakan PDP

Plt. Kepala Dinas Kominfo Tanjab Barat, Sofian Kadry mengungkapkan pemasangan CCTV ini sebuah upaya untuk mendukung Smart City di Bumi Serengkuh Dayung Serentak Ketujuan. Melalui CCTV yang disebar di area publik, dapat dilakukan pengawasan dan pemantauan aktivitas warga di titik-titik tertentu dalam kota Kuala Tungkal.

“Sebagai percobaan di tahap awal sudah terpasang di 3 titik dari 4 titik yang kita rencanakan. Rencananya di tahun depan kita upayakan menjadi 8 titik,” ujar Sofian dalam keterangan persnya Rabu (21/9/22).

Ia mengatakan pemasangan kamera pengawas tersebut bertujuan untuk memantau aktivitas warga kota dan mengawasi arus lalu lintas serta tindak kejahatan yang kapan saja bisa terjadi.

READ NEW  Korupsi Air Bersih di Tanjab Barat, Jaksa Penuntut Umum : Kerugian itu Hanya Sekitar 2,4 miliar

Dalam melakukan pemantauan itu, Dinas Kominfo bekerja sama dengan instansi lainya seperti dengan Polres Tanjab Barat.

“Kita juga membangun kerja sama dengan instansi vertikal, seperti Polres Tanjab Barat. Polres kita berikan hak akses dalam pemanfaatan CCTV. Sekarang baru tahap uji coba nanti akan kita tuangkan dalam dokumen kerjasama,” jelasnya.

Ditambahkannya dalam mendukung upaya Kabupaten Tanjab Barat menjadi salah satu dari kabupaten/kota lain yang menuju gerakan “Smart City” di Indonesia, Dinas Kominfo juga akan menyediakan Internet Publik di beberapa area publik.

“Satu lagi, selain CCTV kita juga sedang mengujicobakan internet publik berupa wifi gratis di beberapa titik yang nantinya akan di launching Bupati bertepatan dengan Ekraf Fest 30 september mendatang.”

“Jadi lewat inovasi ini 2 program prioritas nasional bisa kita support di Tanjab Barat. Yaitu ekonomi kreatif dan juga smart city,” pungkasnya.

(wis)

READ NEW  Ditunjuk Sebagai Ketua Komisi II, Yogi Akan Ajak Mitra Kerja Terus Dialog

Share :

Baca Juga

Bencana

Alumni SMAN 14 Tanjab Barat Galang Dana Untuk Korban Kebakaran Teluk Nilau

Daerah

Pemilu Ditunda, Honor Gaji PPK Tanjabbarat Terancam

Daerah

Blanko E-KTP Di Tanjab Barat Habis, Ini Penjelasan Kadis Dukcapil Tanjabbarat

Daerah

Lapas Kuala Tungkal Serahkan Remisi Kepada 261 Narapidana

Daerah

Perjuangan Sahir Di Tengah Pandemi

Daerah

Permudah Belajar Manasik Haji Pemkab Tanjab Barat Bangun Replika Ka’bah

Daerah

Selama Satu Tahun, Ayah Tiri Di Tanjabbar Sudah Setubuhi Anak

Bisnis

Ketua Fraksi PDIP Tanjab Barat Serap Aspirasi Masyarakat Desa Badang Sepakat