Home / Pemerintah

Selasa, 8 Oktober 2019 - 04:12 WIB

Kesbangpol Tanjabbar Menggelar Bimtek Penyaluran Bantuan Keuangan Parpol

Tanjabbar.genjambi.com- Pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat melalui Kesbangpol Tanjung Jabung Barat Menggelar bimtek penyaluran bantuan keuangan partai politik.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi M.Si buka secara resmi bimbingan teknis tentang Bantuan Keuangan Partai Politik oleh Badan Kesbangpol yang diselenggarakan di Aula Hotel Masa Kini. Selasa (08/10/2019).

Bacakan sambutan Bupati, Sekda sampaikan kemitraan partai politik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat selama ini sudah berjalan baik dan kondusif. Sehingga memperlancar upaya dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, mengembangkan kehidupan berdemokrasi dan peningkatan kesejahteraan.

Dijelaskan Sekda dalam sambutannya, bantuan keuangan kepada partai politik yang bersumber dari APBD merupakan amanah dari undang – undang untuk kelancaran dari pelaksanaan kegiatan partai politik.

READ NEW  Wabup Amir Sakib minta OPD Rasionalkan Anggaran

“Bantuan partai politik tersebut dipergunakan untuk pendidikan politik dan operasional sekretariat partai, ini artinya dana bantuan yang diberikan dipergunakan untuk pengetahuan kader dan simpatisan tentang bagaimana cara berpolitik yang baik dan bagaimana proses demokrasi politik itu sendiri” jelasnya.

Sekda berharap peserta dapat mensosialisasikan kepada pengurus dan anggota partai yang lain terkait dengan penggunaan bantuan partai
politik dan proses pembuatan laporannya
sehingga tidak ada lagi dari pengurus dan kader partai politk yang tidak tahu proses penggunaan bantuan dan pelaporanya.

READ NEW  Angkutan Penumpang diPelabuhan Roro Tutup Pertanggal 1 April Mendatang

Mengakhiri sambutannya, Sekda berharap kegiatan bimbingan teknis ini dapat menjadi pencerahan dan acuan bagi pengurus partai politik dalam menjalankan segala aktifitas organisasi, baik untuk kepentingan organisasi itu sendiri dan pemerintah daerah maupun masyarakat kabupaten tanjung jabung barat pada umumnya.

Sementara itu, Kaban Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Azis Muslim yang disampaikan taufik selaku kabid bina politik dalam laporannya menyampaikan adapun dasar dari sosialisasi tersebut berdasarkan surat edaran Kemendagri RI Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, nomor : 213/074/polpum tentang pencairan bantuan keuangan Partai Politik Tahun Anggaran 2019, Kesbangpol Kabupaten Tanjung Jabung Barat melakukan pencairan dalam 2 (dua) tahap.

READ NEW  HUT Bhayangkara Ke-73, Safrial Sampaikan Amanat Presiden Jokowi

Tahap pertama diberikan kepada partai politik peserta pemilu 2014 yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten periode 2014-2019 dihitung berdasarkan perolehan suara, pencairan Januari sampai Agustus 2019 dibebankan kepada APBD
Tahun Anggaran 2019.

Selanjutnya, tahap kedua diberikan kepada partai politik peserta pemilu Tahun 2019 yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten periode 2019-2024 dihitung berdasarkan perolehan suara, pencairan September sampai dengan Desember 2019 dibebankan kepada APBD Perubahan tahun anggaran 2019.

Turut Hadir dalam sosialisasi tersebut Pejabat Kesbangpol Provinsi, Ketua KPUD Tanjabbarat, Kaban kesbangpol Tanjabbarat, Kabid Bina Politik Kesbangpol Tanjabbarat Dan Peserta Sosialisasi. (Tanjabbar)

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Wabup Amir Sakib Hadiri Bhakti Sosial Pengobatan Gratis dan Donor Darah Harian Radar Tanjab

Daerah

Peduli Tim Medis, SKK Migas – Mandala Energy Lemang Pte. Ltd. Distribusikan Bantuan APD Untuk Kecamatan Betara Dan Bram Itam

Pemerintah

Wabup Amir Sakib pimpin Tim Penilai P2WKSS di Desa Tungkal I

Pemerintah

Wabup Amir Berikan Penilaian Lomba P2WKSS di Desa Mekar Alam

Daerah

Imbas Covid 19, Dua Perusahaan di Tanjabbar Tutup Dan Rumahkan Puluhan pekerja

Daerah

Penyaluran Beras Dampak Covid-19 Pemkab Tanjabbar Terkendala SOP

Daerah

32 Orang Pernah Kontak Langsung Dengan Pasien Covid-19 Tanjabbar

Pemerintah

Bupati Lepas 4000 Paket Sembako Jelang Hari Raya Idul Fitri.