Home / Daerah

Sabtu, 2 Juli 2022 - 11:27 WIB

Polsek Tebing Tinggi Kawal Pelaksanaan Vaksin PMK

 

Tanjabbar.Genjambi.ID – Kepolisian Sektor (Polsek) Tebing Tinggi melakukan pengawalan dan pemanatauan pelaksanaan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Talang Makmur, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 23.00 wib.

“Total semua ada sekitar 22 ekor sapi yang di vaksin oleh dokter hewan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan. Semuanya di Desa Talang Makmur,” kata Kapolsek Tebing Tinggi, IPTU Windi TK, Sabtu (2/7/2022)

Dalam vaksin ininturut hadir, Kata Windy , Kanit Samapta Bripka Teguh Wiyino, BKTM Talang Makmur Bripka Rico P, kemudian Kabid Peternakan Rimon F Harianja, medik Veteriner drh. Juliandi, Pengawas Bibit Ternak Faizal Riza, Analisis Kebijakan Hj. Marya Anita dan Balai Penyuluhan Pertanian Roni. Sedangkan Petugas Pelaksana Vaksinasi Puskeswan Kecamatan Tebing Tinggi, drh. Mahfud dan Aprilindo, Amd.Vet

READ NEW  Hari Terakhir Reses, Hamdani : Aspirasi Masyarakat Akan Saya Kawal Dan Perjuangkan

Kapolsek menyebutkan sapi yang di vaksin itu milik M. Yusuf sebanyak ekor, Arif 4 ekor, Hakim 1 ekor, Solihin 2 ekor, Galih 3 ekor dan Sundoyo 8 ekor.

“Pelaksanaan vaksin berjalan lancar, tidak ada penolakan dari pemilik ternak. Kita bersyukur bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Kapolsek menghimbau kepada para peternak apabila terlihat ciri ciri sebagai berikut untuk langsung berkoordinasu dengan pihaknya Yakni suhu tubuh tinggi (dipegang pangkal telinga), lendir keluar dari mulut, melepuh dihidung, lidah menjulur, nafsu makan berkurang, uka pada bagian kuku kaki atau celah kuku atau kuku lepas dan bernapas cepat. ” Ini tanda tanda yang nampak dari sisi luar,” katanya.

READ NEW  Dirgahayu TNI ke-76, Kodim 0419/Tanjab Berbagi Paket 1000 Sembako

Jika menemui ciri – ciri tersebut diatas maka peternak sapi segera menghubungi dokter Hewan sebab Pengobatan hanya dilakukan dengan Metode Injeksi atau suntik Sementara waktu jangan membeli dulu hewan ternak dari luar kota. Pelihara lah hewan yang sudah ada, tetap menjaga kebersihan kandang dan hewan peliharaan;

“Lakukan penyemprotan lokasi kandang dgn menggunakan Disinfektan seperti Bayclin, Rinso atau sabun air sehingga kandang bersih dan terhindar dari virus PMK,” ungkapnya.

(wis/adv)

READ NEW  Pelaksanaan Muscab IKAMI Sulsel Tanjab Barat Di Pertanyakan

Share :

Baca Juga

Daerah

Bawaslu Tanjabbar Targetkan 30 Persen Keterwakilan Perempuan Untuk Panwascam

Daerah

Angin Kencang Robohkan Rumah Warga Pengabuan, Satu Orang Terluka

Daerah

Masyarakat RT 20 BTN Permata Hijau Akan Laksanakan Pemilihan, Berikut Kandidatnya

Daerah

Angin Kencang Rusak Rumah Warga Dan Dermaga Desa Tanjung Pasir

Daerah

Reses Terakhir, Hamdani Tampung Usulan Infrastruktur Dan Pembangunan Tribun Sepakbola

Daerah

Kasus Covid Terbanyak Nomor Dua, Tanjabbar Tunda Izin Sekolah Tatap Muka

Daerah

Komisi II DPRD Tanjab Barat Lakukan Peninjauan Terkait Limbah PDAM Tirta Pengabuan Yang Rusak Kebun Warga

Daerah

Terkait Tapal Batas, Pimpinan DPRD Tanjab Barat Temui Kemendagri