Home / Daerah

Sabtu, 2 Juli 2022 - 11:27 WIB

Polsek Tebing Tinggi Kawal Pelaksanaan Vaksin PMK

 

Tanjabbar.Genjambi.ID – Kepolisian Sektor (Polsek) Tebing Tinggi melakukan pengawalan dan pemanatauan pelaksanaan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Talang Makmur, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Jumat (1/7/2022) sekitar pukul 23.00 wib.

“Total semua ada sekitar 22 ekor sapi yang di vaksin oleh dokter hewan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan. Semuanya di Desa Talang Makmur,” kata Kapolsek Tebing Tinggi, IPTU Windi TK, Sabtu (2/7/2022)

Dalam vaksin ininturut hadir, Kata Windy , Kanit Samapta Bripka Teguh Wiyino, BKTM Talang Makmur Bripka Rico P, kemudian Kabid Peternakan Rimon F Harianja, medik Veteriner drh. Juliandi, Pengawas Bibit Ternak Faizal Riza, Analisis Kebijakan Hj. Marya Anita dan Balai Penyuluhan Pertanian Roni. Sedangkan Petugas Pelaksana Vaksinasi Puskeswan Kecamatan Tebing Tinggi, drh. Mahfud dan Aprilindo, Amd.Vet

READ NEW  Komisi III DPRD Tanjab Barat Panggil Sejumlah Pihak Terkait Jembatan Parit Gompong

Kapolsek menyebutkan sapi yang di vaksin itu milik M. Yusuf sebanyak ekor, Arif 4 ekor, Hakim 1 ekor, Solihin 2 ekor, Galih 3 ekor dan Sundoyo 8 ekor.

“Pelaksanaan vaksin berjalan lancar, tidak ada penolakan dari pemilik ternak. Kita bersyukur bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Kapolsek menghimbau kepada para peternak apabila terlihat ciri ciri sebagai berikut untuk langsung berkoordinasu dengan pihaknya Yakni suhu tubuh tinggi (dipegang pangkal telinga), lendir keluar dari mulut, melepuh dihidung, lidah menjulur, nafsu makan berkurang, uka pada bagian kuku kaki atau celah kuku atau kuku lepas dan bernapas cepat. ” Ini tanda tanda yang nampak dari sisi luar,” katanya.

READ NEW  Alami Sakit Perut Saat Minum Air Bermerek Wigo, YLKI Tanjabbar Akan Surati Perusahaan

Jika menemui ciri – ciri tersebut diatas maka peternak sapi segera menghubungi dokter Hewan sebab Pengobatan hanya dilakukan dengan Metode Injeksi atau suntik Sementara waktu jangan membeli dulu hewan ternak dari luar kota. Pelihara lah hewan yang sudah ada, tetap menjaga kebersihan kandang dan hewan peliharaan;

“Lakukan penyemprotan lokasi kandang dgn menggunakan Disinfektan seperti Bayclin, Rinso atau sabun air sehingga kandang bersih dan terhindar dari virus PMK,” ungkapnya.

(wis/adv)

READ NEW  Peduli Masyarakat, Hamdani Luncurkan Ambulance Gratis Untuk Masyarakat

Share :

Baca Juga

Daerah

Coffe Morning Kejari Tanjab Barat, Marcello : Kerjasama Yang Sudah Terjalin Terus di Tingkatkan

Daerah

Jaring Atlet E-sport, ESI Tanjab Barat Gelar Turnamen Game Online

Daerah

Pawai Ta’aruf Meriahkan MTQ Ke -49 Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Daerah

Nakes Positif Covid-19, Elfry : Kita Siapkan Rumah Khusus Isolasi Mandiri

Daerah

Bawakan Lagu “Lelah” Daus Sukses Pukau Pengunjung Ekraf Fest 2022

Daerah

Kegiatan Upacara Bendera Ditanjabbar Dibatasi

Daerah

Webinar Literasi Digital Seri 7 Tanjab Barat Beri Pencerahan tentang Menjadi Pejuang Anti Kabar Bohong (Hoaks)

Daerah

Kejari Tanjab Barat Gelar Upacara Hari Bhakti Adhyaksa ke-62