Home / Daerah

Kamis, 6 Mei 2021 - 10:18 WIB

Kemenag Tanjab Barat Himbau Masyarakat Segera Membayar Zakat

Tanjabbar.Genjambi.ID – Pembayaran Zakat Fitrah untuk idul fitri 1442 hijriah sudah di tetapkan pada dua minggu ramadan lalu. Untuk itu, kepada masyarakat dapat sesegera mungkin untuk melakukan pembayaran zakat fitrah.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Hasbi saat di konfirmasi, Kamis (6/5) menyebutkan bahwa dengan kondisi pandemi dan berdampak pada ekonomi saat ini, masyarakat di himbau untuk dapat menyegerakan pembayaran zakat fitrah.

“Sehingga harapan kita dengan sesegera mungkin masyarakat menunaikan zakat fitrah maka dapat mempercepat penyaluran kepada masyarakat yang berhak menerima zakat. Apalagi saat ini kondisi ekonomi di tengah pandemi yang masih sulit,” katanya

Lebih lanjut disampaikan oleh Hasbi bahwa terkait dengan penyaluran zakat fitrah, pihaknya memiliki Badan Amil Zakat. Nantinya untuk zakat fitrah yang di tunaikan oleh masyarakat akan di serahkan ke penerima zakat dengan langsung di antar ke rumah penerima zakat.

“Jadi penerima tidak datang ke mesjid, karena menghindari kerumunan juga. Ini sudah kita sampaikan bahwa zakat langsung di antar ke rumah penerima zakat,” tambahnya

Disisi lain, untuk mekanisme pembayaran zakat juga Hasbi telah memberikan arahan kepada Badan Amil Zakat untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid 19. Ia meminta agar masyarakat yang membayar zakat untuk di bentuk skema agar tidak berkerumun.

“Meskipun memang kalo secara umum kita lihat masyarakat kalo mau bayar ini satu-satu artinya tidak serempak. Namun tetap untuk mengantisipasi ramai orang, kita minta untuk tetap mengikuti prokes, artinya jaga jarak, dan wajib menggunakan masker,”pungkasnya

Untuk di ketahui bahwa besaran zakat fitrah untuk di Kabupaten Tanjabbar, untuk beras dengan kualitas tertinggi sebesar Rp60 ribu, kualitas tinggi Rp50 ribu, kualitas sedang sebesar Rp40 ribu dan kualitas rendah sebesar Rp30 ribu.

READ NEW  Peduli Korban Kebakaran Parit 1, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tanjab Barat Serahkan Bantuan

(wis)

Share :

Baca Juga

Daerah

Camat Renahmendaluh : Satu Anak Dilarikan Kerumah Sakit Jambi

Daerah

Dokter Terkonfirmasi Covid-19, RSUD KH Daud Arif Tutup Pelayanan

Daerah

Safrial Lepas Pawai Malam Takbiran 1440 H/2019 M.

Daerah

Perdana, MAN 1 Tanjabbar Melaksanakan Ujian Berbasis Android

Daerah

Ketua DPRD Tanjab Barat Serap Aspirasi Masyarakat Desa Serdang Jaya

Daerah

Satu Orang Tewas Saat Kebakaran Di Kecamatan Tebing Tinggi

Daerah

LAZ OPSEZI Tanjab Barat Salurkan Sapi dan Kambing

Daerah

Kampung Kerukunan Umat Beragama di Tanjab Barat Jadi Tujuan Roadshow Pertama Rombongan Kesbangpol se-Provinsi Jambi