Home / Daerah

Selasa, 19 Juli 2022 - 17:39 WIB

BPBD Tanjab Barat Raih Juara 1

 

Tanjabbar.Genjambi.ID – Tim BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Tanjung Jabung Barat Pada Tahun 2022, ini Kembali meraih Juara 1 (Pertama) Dalam Cabang lomba Evakuasi Dan Penyelamatan Pengungsi, antar BPBD Kabupaten /Kota Se-Provinsi Jambi yang digelar oleh BPBD Provinsi Jambi Tahun 2022

Lomba Evakuasi Dan Penyelamatan Pengungsi ini, merupakan salah satu cabang lomba yang dilaksankan dalam rangka kegiatan Latgab Penanggulangan Bencana Guna meningkatkan Sinergitas Lintas Sektor dalam mewujudkan Jambi Mantap 2024.

Kegiatan Latgab Karhutla ini secara resmi di buka langsung oleh Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono selaku Pelaksana Harian Dansatgas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi Tahun 2022. Diawali dengan Kegiatan Gladi Posko di Hotel Shang Ratu Jl. Slamet Riyadi Broni Kota Jambi Sabtu 16 Juli 2022 dan Dilanjutkan Kegiatan lapangan dan Lomba yang berlangsung di bumi Perkemahan Pramuka Sungai Gelam Kabupaten Muara Jambi Minggu 17 Juli 2022 sampai dengan Senin 18 Juli 2022.

READ NEW  Bupati Tanjab Barat Lantik Pejabat Eselon II

Dalam Kesempatan membuka latihan gabungan penanganan bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) tingkat Provinsi Jambi Tahun 2022 Sabtu, (16/02022). menyampaikan bahwa melalui latihan gabungan penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan ini, dapat meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dari lembaga dan instansi terkait untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan baik pengetahuan maupun kemampuan masing-masing personel dalam penanggulangan bencana karhutla di wilayah masing-masing.

READ NEW  Momentum 10 Muharram 1444 H, KOSERBU Kembali Salurkan Donasi ke Majelis Sirojutholibin

Adapun yang menjadi peserta dalam Kegiatan Latgab tersebut kurang lebih berjumlah 109 peserta yang terdiri dari Tim Terpadu penanggulangan bencana alam yang berasal dari unsur TNI, Polri, BPBD kabupaten dan kota Se – Provinsi Jambi, serta Perwakilan Regu Pemadam Kebakaran (RPK) dari masing-masing Perusahaan Perkebunan di Provinsi Jambi.

Dalam Pembukaan Kegiatan Latgab tersebut juga dihadiri langsung Sekda Provinsi Jambi, Kalak BPBD Prov.Jambi, Sekaligus Penjabat Bupati Muara Jambi, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Prov.Jambi, Kasiops Kasrem 042/Gapu, Kasi Ren Korem 042/Gapu, Karo Ops Polda Jambi, Dirpolairud Polda Jambi, Para Kalak BPBD Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi dan para peserta latihan lainnya.

READ NEW  Ketua Komisi II DPRD Tanjab Barat Minta Bupati Kawal Intruksi Kementrian Pertanian

Kalaksa BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Zulfikri mengungkapkan bahwa Kegiatan Latgab dan Lomba Penanganan Penanggulangan bencana tersebut sangat baik dan berdampak positif untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan Personil BPBD.

“Tentunya dapat melatih personil dalam pengendalian pencegahan karhutla dan
juga untuk mendapat gambaran tentang kemampuan dan kesiapsiagaan baik Sumber daya manusia dan peralatan yang dimiliki masing-masing instansi yang bersinergi dalam mengatasi terjadi bencana alam di wilayah Provinsi Jambi.” Ungkapnya.

“Ada peningkatan prestasi personil BPBD sebelumnya Tahun 2021 kita memperoleh juara 2 (dua) dan Alhamdulilah pada tahun 2022 ini kita meraih Juara 1 (satu ) dalam Lomba Evakuasi Dan Penyelamatan Pengungsi.” Pungkasnya.

(wis)

Share :

Baca Juga

Daerah

Tanoto Foundation Terima Penghargaan Inovator Pelatihan Guru

Daerah

Kapolres Intruksikan Larangan Pejabat Dan Personil Polres Ke Luar Kota

Bencana

Longsor Hanyutkan Dua Rumah Dan Rusak Satu Musala Di Senyerang

Daerah

Teror Pria Memakai Kolor Resahkan Warga Desa Sungai Dualap

Daerah

Remaja Di Kampung Nelayan Di Temukan Gantung Diri

Daerah

Pelaksanaan Muscab IKAMI Sulsel Tanjab Barat Di Pertanyakan

Daerah

Menjelang Ramadhan, Pelabuhan di Kuala Tungkal Sepi Pemudik

Daerah

Serah Terima Jabatan, Anwar Sadat : Mari Kembali Bersinergi Membangun Daerah