Home / Daerah

Kamis, 5 Desember 2019 - 06:32 WIB

Puluhan Anak Terserang DBD, Warga Harapkan Segera Dilakukan Pogging

Tanjabbar.Genjambi.com – puluhan anak terserang wabah Demam Berdarah (DBD) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar). Setidaknya dalam tiga bulan terakhir 74 warga terserang penyakit mematikan tersebut.

Direktur RSUD Daud Arif Kualatungkal, Elfry Syahril menyebut sejak tiga bulan terakhir sebanyak 74 orang anak-anak kena wabah DBD. Sementara sebanyak 14 orang dewasa tak luput terserang DBD dan 26 orang kena dengue.

“Itu data yang tercatat sejak tiga bulan terkahir hingga 30 November tahun ini,” beber Dirut RSUD Daud Arif Kualatungkal, dr Elfry Syahril kepada wartawan, Kamis (5/12/19)

Kata Elfry, genangan air yang berada di bawah rumah dan bak mandi jadi pemicu berkembang biaknya nyamuk. Disebutkannya bahwa nyamuk pada umumnya bersarang di air yang jernih, termasuk dalam bak mandi. Terlebih di musim hujan, banyak genangan air yang dapat menjadi media perkembangbiakan nyamuk.

“Selain langkah memberi obat pada jentik jentik yang ada di bak, warga juga diharapkan membuat saluran terhadap genangan air yang dapat mengakibatkan nyamuk berkembang biak,” jelas dr. Elfry.

Selain itu, untuk pencegahan masyarakat diharapkan dan diimbau kembali menggalakkan semangat 3M (Menguras, menutup dan mengubur).

READ NEW  Kohati Tanjab Barat Sukses Gelar Seminar Keperempuan

Menurut pengakuan keluarga korban DBD, Sudarmono warga Teluk Kulbi, Kecamatan betara, menuturkan kepada wartawan bahwa korban DBD, Wirda (10 bulan), mengalami panas disekujur tubuh.

“Badannya panas selama 5 hari jadi kita bawa berobat ke rumah sakit,” kata Darmono, khawatir karena suhu tubuh bayi mungil itu panas tinggi.

Dia mengharapkan kepada pemerintah melalui dinas kesehatan untuk melakukan Poging. Tujuannya agar kejadian serupa tidak terulang kembali dan memakan korban.

READ NEW  Ketua Komisi III DPRD Tanjab Barat Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Batangasam

Terlebih saat ini musim penghujan, hal itu sangat bermanfaat dalam pencegahan perkembangan nyamuk tersebut. Sebab selama dua tahun terakhir, Sudarmono mengaku belum pernah dilakukan pogging. (Tim redaksi)

READ NEW  Polsek Tebing Tinggi Kawal Pelaksanaan Vaksin PMK

Share :

Baca Juga

Daerah

Terkait Tapal Batas, Pimpinan DPRD Tanjab Barat Temui Kemendagri

Daerah

BreakingNews!! Seorang Buruh Di Muara Papalik Tega Setubuhi Anak Dibawah Umur

Daerah

Bupati Tanjab Barat Lantik Pejabat Eselon II

Daerah

Webinar Literasi Digital Kabupaten Tanjung Jabung Barat Beri Pencerahan tentang Pemanfaatan Internet Untuk Menyebarkan Konten Positif Bagi Pemuka Agama

Daerah

Ali Imran Resmi Dilantik Menjadi Ketua IPP-TJB

Daerah

Kuasa Hukum Budi Azwar Belum Terima Salinan Putusan dari Pengadilan Tinggi Jambi

Daerah

Status Penangganan Covid 19 di Tanjabbar Naik Menjadi Tanggap Darurat

Daerah

Kue Bingke Khas Tungkal Jadi Menu Berbuka Favorit Masyarakat Selama Ramadhan