Home / Daerah

Selasa, 26 Januari 2021 - 09:18 WIB

PMA Dan PMDN di Kabupaten Tanjabbar Alami Peningkatan

Tanjabbar.Genjambi.ID – Hingga 2020 terdapat delapan Penanaman Modal Asing (PMA) yang berinvestasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Sementara itu, ada 33 Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang juga menanamkan modalnya di Kabupaten Tanjabbar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP), Yan Ery, Senin (26/1). Ia menyebutkan bahwa jumlah tersebut mengalami kenaikan jika dibanding tiga tahun lalu.

“Jumlah PMDN sampai 2020 ini ada 33 dan PMA¬†itu ada 8 yang terdata ini. Karenakan ada kriteria-kriteria yang dimasukan dalam PMA dan PMDN. Jadi ada peningkatan setiap tahunnya,” katanya

Disisi lain, dirincikan oleh Yen Eri, pada tahun 2017 di Kabupaten Tanjabbar terdapat 14 PMDN dan lima PMA. Kemudian pada 2018 terdapat 20 PMDN dan delapan PMA, sedangkan 2019 untuk PMDN mengalami peningkatan menjadi 30 dan PMA masih delapan, kemudian pada 2020 triwulan ketiga, PMDN sebanyak 33 dan PMA delapan.

READ NEW  Ucapkan Sumpah Janji, Jamilah Dan Bunga Resmi Jadi Anggota DPRD Tanjabbar

Lebih lanjut disampaikan Yan Eri bahwa PMA lebih banyak berinvestasi pada Industri minyak kelapa sawit, kemudian pada bidang Perdagangan dan jasa. Adapun PMA yang paling banyak berinvestasi di Kabupaten Tanjabbar dari negara Malaysia dan Singapura.

“Malaysia dan Singapura yang besar investasinya. Kalo PMDN itu pada bidang perkebunan juga. Untuk lokasi kebanyakan di bagian Ulu,”tuturnya

Disisi lain, tahun 2021 ini kata Yan Eri bahwa pihaknya berharap masih ada investor yang mau menanamkan modalnya di Kabupaten Tanjabbar. Diakui oleh Yan Eri bahwa tahun 2019 lalu Kabupaten Tanjabbar masuk pada kategori investasi terbaik kedua di Provinsi Jambi. Namun dalam suasana pandemi ini, Kabupaten Tanjabbar berada pada urutan ketiga.

“Tentu kita berharap banyak investor yang menanamkan modalnya ke kita. Karena secara potensi banyak yang bisa di gali, seperti kelapa dalam, kemudian pinang dan Kopi juga ini potensi,” pungkasnya

(Wis)

READ NEW  Tanah Longsor Kembali Terjadi di Kelurahan Senyerang

Share :

Baca Juga

Daerah

Dampak Kerusakan Tiang Pondasi, Jembatan Titian Orang Kayo Akan Dipasang Portal Pembatas

Daerah

6 Rumah Terbakar di Kelurahan Teluk Nilau

Daerah

Kebakaran Hanguskan Rumah Warga Tungkal Harapan

Daerah

Hamdani Cup Resmi Ditutup, Hamdani : Terima Kasih Kepada Semua Pihak

Daerah

Tenaga Kerja Lokal Jadi Fokus PT JGC Indonesia Dalam Membangun Proyek di Tanjab Barat

Daerah

Webinar Literasi Digital Seri 2 Tanjab Barat Beri Pencerahan tentang Kebebasan Berekspresi di Era Digital

Daerah

Hadiri Deklarasi Pengurus JADI Tanjab Barat,Ini Pesan Safrial

Daerah

Pengurus KORMI Periode 2021-2025 Resmi Dilantik