Home / Daerah

Jumat, 24 Desember 2021 - 21:15 WIB

Peduli Petani Manfaatkan Perkarangan Rumah Untuk Membudidayakan Jagung

Tanjabbar.Genjambi.ID – Peduli Tani menyelesaikan project pertamanya yaitu “Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah”. Project kali ini diinisiasi oleh petani muda yang juga merupakan pelopor Peduli Tani, adalah Sakirun, S.P.

Sakirun mengatakan Untuk pemanfaatan lahan pekarangan rumah sendiri, Sakirun menyebutkan project ini merupakan salah satu upaya agar pekarangan rumah lebih produktif dan bisa dimanfaatkan.

Project pertama ini, kami memilih membudidayakan jagung karena melihat peluang di masa tahun baru nanti, jagung akan sangat diminati masyarakat. Lahan yang kami siapkan dipekatangan rumah ini hanya menggunakan luas lahan 15 x 6 Dengan pengoptimalan tanam yaitu 600 batang.

READ NEW  Safari Jumat, Bupati Tanjab Barat Sampaikan Program Berkah

Jagung yang masa tanamnya 75 hari kami mulai pada awal bulan November sehingga kita bisa panen pada hari ini di penghujung bulan Desember.

“Hasil yang kami panen hari ini sangat memuskan dengan dengan struktur buah yang cukup besar.” ujar Sakirun yang merupakan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Jambi ini.

selanjutnya hal senada juga di sampaikan oleh Difa selaku co Founder Peduli Tani yang membersamai dalam proses budidaya jagung ini menyebutkan bahwa Langkah yang kami buat hari ini adalah salah satu upaya mewujudkan ekonomi kreatif yang digagas oleh pemuda melalui bidang pertanian.

“Ini merupakan salah satu goals project yang kami harapkan bisa menjadi tolak ukur bahwa pemuda kreatif dan peduli terhadap pertanian yang seyogyanya bisa selalu melihat peluang dalam konsep memanfaatkan potensi yang ada disekitar.

Lebih lanjut Difa menambahkan bahwa Dalam hal Pemanfaatan lahan Pekarangan Rumah menjadi perjalanan awal kami sebagai komunitas yang harapannya dapat mengajak pemuda untuk bersama-sama.

“peduli dengan pertanian salah satunya dengan memiliki tekad kuat, tidak malu serta berfikir kreatif dan inovatif untuk menjalankan usaha di bidang pertanian” tandasnya

Share :

Baca Juga

Daerah

Satu Warga Tanjabbar Meninggal Dunia Diduga Positif DBD

Daerah

Ratusan KK Warga Tanjabbar Tersebar di Pasar Kuala Tungkal

Daerah

Hamdani Siap Jadi Pimpinan DPRD Tanjabbar

Daerah

Dinas PMD Tanjabbar Gelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK)

Daerah

Kapolres Tanjabbar Himbau Jangan Ada Kerumunan Saat Tahun Baru

Daerah

KNPI Tanjab Barat Nilai PLN Tidak Penuhi Hak Konsumen Terkait Lampu Mati

Daerah

Dituduh Mencuri, Budi Azwar : Saya Siap Digantung Kalau Bersalah

Daerah

BPBD Tanjabbar Ingatkan Nelayan Saat Melaut