Home / Daerah

Senin, 26 Oktober 2020 - 04:56 WIB

Inovatif Manfaatkan Lahan Kosong di Polsek Tungkal Ilir, Budidaya berbagai Jenis Ikan

 

Tanjabbar.Genjambi.com -Perkarangan yang luas namun tidak di manfaatkan untuk suatu hal yang produktif sangat disayangkan. Hal inilah yang membuat Kapolsek Tungkal Ilir, Iptu Agus Purba memanfaatkan perkarangan yang ada di sekitar Polsek Tungkal Ilir sebagai kawasan rumah pangan lestari.

Perkarangan dengan luasan setengah hektare yang kosong ini kini dimanfaatkan oleh Kapolsek untuk membuat kolam budidaya ikan. Ini juga menjadi suatu langkah untuk ketahanan pangan daerah dengan membudidaya ikan.

Setidaknya, lima kolam ikan dengan jumlah lebih dari 7 ribu ikan yang di budidayakan di perkarangan ini. Pemanfaatan lahan untuk budidaya ikan ini sudah mulai dilakukan sejak Pandemi Covid 19. Potensi pemanfaatan ini ternyata cukup menghasilkan.

“Sesuai dengan arahan Polri dan juga Polres untuk memafaatkan lahan sebagai ketahanan pangan. Sudah tiga bulan Ini lah kita manfaatkan untuk buat lahan budidaya ikan, sayur-sayuran juga ada,”ujar Kapolsek Tungkal Ilir, Iptu Agus Purba.

Lebih lanjut disampaikan oleh Kapolsek, pihaknya sudah sempat melakukan panen ikan lele beberapa waktu lalu. Budidaya ikan Lele, Ikan Nila, Ikan emas dan Ikan Patin yang di budidayakan inipun terbilang mudah. Secara air, lokasi lahan terbilang berkecukupan, hanya di butuhkan ketekunan untuk memberi pakan ikan.

READ NEW  Kronologi Dugaan Penculikan Siswi SD di Tanjab Barat

Disisi lain, waktu panen untuk ikan ini pun terbilang singkat. Butuh waktu tiga bulan untuk ikan ini dapat di panen. Ikan yang di panen ini pun kata Kapolsek tidak untuk di perjual belikan, melainkan di manfaatkan untuk personil dan di bagikan kepada sejumlah masyarakat di sekitar Kabupaten Tanjabbar.

“Dari budidaya ikan ini kita sudah sempat panen. Ini kita bagikan ke masyarakat, jadi tidak untuk di perjual belikan. Bersama pak Kapolres kemarin kita bagi-bagi ke masyarakat,”tuturnya

Apa yang dilakukan pihaknya, kata Agus Purba tak lain adalah upaya ketahanan pangan dalam masa pandemi Covid-19. Hal ini juga sebagai langkah inovatif yang produktif untuk di kenalkan kepada masyarakat, sehingga di harap ekonomi masyarakat berjalan.

“Jadi sekalian kita perkenalkan ke masyarakat, untuk bagaimana memanfaatkan lahan kosong, untuk produktif. Apalagi di tengah kondisi Pandemi Covid 19,”tambahnya

Selain di perikanan, lahan kosong di sekitar Polsek Tungkal Ilir juga di manfaatkan untuk bidang pertanian. Berbagai jenis cabai dan sayuran di tanam dengan menggunakan media polibet. Meski tidak banyak menghasilkan, namun dari pertanian ini dimanfaatkan untuk personil Polsek dan masyarakat yang menginginkan.

“Memang tidak banyak hasilnya, tapi ini kalo udah panen, ya setidaknya untuk personil dan masyarakat yang ingin ambil cabai misalnya atau terong misalnya,”sebutnya

“Dengan lahan seluas ini kita cukup untuk produktif. Jadi memang harapannya masyarakat bisa tergerak dan bergerak untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif. Minimal untuk kebutuhan sehari-hari, jadi cukup mengurangi pengeluaran sehari-hari,”pungkasnya

Share :

Baca Juga

Daerah

Bejat, Ayah Di Tanjabbar Cabuli Anak Tiri

Daerah

Tidak Ada Biaya, Ibu Rosnah Harus Pulang Dari Rumah Sakit

Daerah

Penumpang Jalur Roro Mengalami Kenaikan Jelang Tahun Baru

Daerah

Banjir Rob Rusak Jembatan di Desa Tungkal 1

Bencana

Tanah Longsor Kembali Terjadi di Kelurahan Senyerang

Daerah

Hamdani : Hari Kebangkitan Nasional Jadi Momentum Semangat Bergotong Royong Mendukung Pemulihan Ekonomi

Daerah

Kasus Dugaan Korupsi Jaringan Air Bersih, 8 Saksi Dihadirkan Salah Satunya Dirut PDAM Tirta Pengabuan

Daerah

Darurat Covid 19, Kelulusan dan Kenaikan Siswa Siswi Tergantung Kebijakan Sekolah.